Sunday, May 26, 2019

Kenapa Penyakit Asam Urat Kerap Menyerang di Malam Hari ?

Kenapa Penyakit Asam Urat Kerap Menyerang di Malam Hari ? - Penyakit asam urat, pada umumnya dialami oleh mereka yang telah berusia lanjut. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa Anda yang masih muda, aman dari salah satu nyeri kronis yang satu ini.

Diluar dari pada itu, telah banyak para peneliti yang mengaitkan peningkatan jumlah penderita penyakit asam urat dengan peningkatan pengonsumsian minuman ringan yang dimaniskan dengan gula atau lebih jelasnya ialah minuman kemasan.

Kenapa Penyakit Asam Urat Kerap Menyerang di Malam Hari ?


Kenapa Penyakit Asam Urat Kerap Menyerang di Malam Hari ?

Jika Anda pernah tersentak dari tidur nyenyak Anda, akibat adanya rasa sakit yang berdenyut-denyut pada jempol kaki. Pasti Anda juga akan tahu bahwa kondisi tersebut kondisi tersebut terkait dengan penyakit asam urat.

Sementara itu, Anda juga pasti tahu benar bahwa serangan penyakit asam urat di malam hari tidak akan membiarkan Anda untuk kembali tidur dengan nyenyak.

Karena fakta menunjukkan bahwa hampir sekitar 50% serangan penyakit asam urat yang bergejolak dimulai dari jempol kaki dan terjadi di malam hari. Kondisi inilah yang disebut dengan "podagra atau pirai".

Ya, malam hari adalah saat dimana penyakit asam urat bereaksi dengan menimbulkan gejala yang cukup serius termasuk rasa sakit yang disertai dengan demam dan nyeri otot.

Bahkan rasa sakit akibat serangan asam urat di malam hari ini bisa membuat penderitanya tak kuat untuk menahan selembar kait atau sekedar selimut diatas kaki, karena itu adalah suatu kondisi yang sangat menyiksa.

Penyakit asam urat sendiri terjadi ketika kristal monosodium urat mengendap pada tulang, sendi atau jaringan lunak. Dan pada suhu yang cenderung rendah, maka pada saat itulah pembentukan kristal akan terjadi.

Nah inilah yang menjadi alasan kenapa serangan penyakit asam urat cenderung terjadi di malam hari, yaitu karena suhu yang lebih dingin.

Timbulnya rasa sakit yang tiba-tiba dalam satu atau lebih banyak sendi yang disertai dengan kemerahan, pembengkakan serta sensasi terbakar pada area sendi merupakan beberapa gejala klasik untuk penyakit asam urat.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika serangan asam urat terjadi di malam hari ?


Faktanya, hampir sekitar 100% orang dengan serangan penyakit asam urat di malam hari, tidak dapat menikmati tidur nyenyaknya kembali.

Karena rasa sakit akibat penyakit asam urat bisa sangat buruk, maka mengetahui cara untuk meredakan kondisi tersebut adalah hal yang sangat tepat.

Adapun beberapa cara untuk membantu meredakan serangan asam urat di malam hari ialah dengan cara :

·         Posisikan kaki lebih tinggi dari badan
·         Minum banyak air mineral
·         Menggunakan selimut yang tipis untuk bagian kaki
·         Memakai kaus kaki yang berlubang pada bagian jempol kaki
·         Kompres es
·         Tetap bersikap tenang
·         Minum obat pereda asam urat.

Well itulah alasan kenapa asam urat lebih kerap menyerang penderitanya pada malam hari. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

No comments:

Post a Comment