Friday, May 24, 2019

3 Tips Menjalani Lebaran Sehat untuk Penderita Diabetes

3 Tips Menjalani Lebaran Sehat untuk Penderita Diabetes - Sejatinya, setelah sebulan penuh berpuasa, maka umat muslim di seluruh penjuru dunia akan merayakan kemenangan untuk keberhasilanya menahan berbagai jenis godaan termasuk godaan makanan, minuman dan juga hawa nafsu di bulan Ramadhan.

Disisi lain, perayaan lebaran atau Idul Fitri di Indonesia selalu identik dengan makan bersama sanak saudara.

Menu makanannya pun tak kalah unik, karena menu tradisional khas Indonesia yang berlimpah rempah seperti rendang, opor ayam, ketupat dan semur daging selalu menjadi hidangan utama di kala hari raya tiba.

3 Tips Menjalani Lebaran Sehat untuk Penderita Diabetes


3 Tips Menjalani Lebaran Sehat untuk Penderita Diabetes


Sayangnya, dibalik lezatnya berbagai macam menu makanan di hari raya. Tersimpan beberapa bahaya untuk kesehatan, terutama untuk Anda yang mengidap penyakit diabetes.

Tentu bukan tanpa alasan, namun hal ini ada kaitannya dengan kandungan lemak dan karbohidrat tinggi pada berbagai jenis makanan khas hari raya tersebut.

Akan tetapi, Anda tak perlu risau lagi. Karena meskipun kini penyakit diabetes tengah bersarang di dalam tubuh Anda. Namun, Anda tetap bisa berlebaran dengan cara uang sehat.

Lantas, bagaimana cara tersebut bisa dilakukan ?? Yuk langsung kita simak ulasan selanjutnya yuk ;)

1.       Kendalikan Nafsu Makan

Meskipun bulan Ramadan telah menahan kita untuk tidak makan dan minum di singa hari, itu bukan alasan bahwa Anda bisa memuaskan diri untuk mengonsumsi makanan ini dan itu di hari raya.

Namun kendalikan lah hawa nafsu Anda, dan mulailah mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda. Lalu bagaimana agar kita sukses melakukannya ?

Sesuai dengan anjuran sunnah Rasululloh, bahwa kita dianjurkan untuk makan sebelum berangkat shalat Ied. Maka Anda bisa memilih makan apel tanpa di kupas untuk mengendalikan nafsu makan Anda secara lebih lama.

2.       Makan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat memang menjadi tantangan tersendiri ditengah-tengah sajian menu lebaran yang menggugah selera, sehingga membuat perut keroncongan lagi dan lagi.

Namun, demi untuk tubuh yang sehat maka sebaiknya Anda berusaha untuk melakukannya. Akan tetapi, ini tak menunjukkan bahwa Anda harus menghindari semua makanan khas lebaran di meja makan Anda.

Karena selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga bisa mengonsumsi makanan khas lebaran dengan rumus 3T. Yaitu, "tepat jadwal, tepat jumlah dan juga tepat jenis menunya".

3.       Silaturrahmi Sehat

Apa itu silaturrahmi sehat ? Bukankah semua silaturrahmi sama saja untuk mengunjungi sanak saudara. Tentu saja memang benar, teman.

Namun, untuk mendukung tubuh yang sehat, maka sebaiknya Anda mengunjungi kerabat Anda dengan berjalan kaki.

Jika memang jarak yang ditempuh terlampau jauh, Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda agak jauh, agar memungkinkan untuk Anda tetap bisa berjalan kaki saat bersilaturrahmi sehat.

Bukan cara yang sulit kan ? Semoga bermanfaat dan salam sehat.

No comments:

Post a Comment