Wednesday, May 15, 2019

3 Manfaat Terapi Apel untuk Menurunkan Asam Urat Tinggi

3 Manfaat Terapi Apel untuk Menurunkan Asam Urat TinggiSebutir apel perhari mungkin tidak akan selalu membuat Dokter pergi dari kehidupan Anda.

Namun "one day, one apple" terbukti dapat membantu Anda dalam mengelola kadar asam urat tinggi di dalam tubuh Anda. Asalkan Anda tetap memperhatikan porsi Apel dalam menu makan Anda.

3 Manfaat Terapi Apel untuk Menurunkan Asam Urat Tinggi

Penyakit asam urat atau yang akrab disapa dengan gout merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri kronis akibat penumpukan zat asam urat di dalam tubuh.

Sementara, asam urat adalah suatu zat yang diproduksi oleh tubuh ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa purin.

Tentu saja, terlalu banyak mengonsumsi purin, maka akan berakibat pada peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Alhasil ? pengembangan penyakit asam urat serta peningkatan keparahan gejala bisa terjadi.

Lantas benarkan apel bisa dijadikan sebagai makanan terapi untuk meringankan gejala sekaligus membantu mengobati penyakit asam urat ?

Faktanya, apel adalah sejenis buah yang memiliki kemampuan untuk membantu meringakan gejala serta membantu mengobati penyakit asam urat. Bagaimana caranya ? Yuk simak penjelasan berikut ini :

1.       Konten Purin

Semua jenis apel dianggap memiliki purin dalam jumlah yang sangat rendah. Rata-rata apel hanya memiliki purin dalam jumlah 14 mm / 10 gr nya.

Bahkan saus apel, jus apel dan apel kering juga memiliki purin yang sangat rendah. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Adapun makanan rendah purin lain yang bisa menemani apel dalam sajian menu makan harian Anda ialah sebagian besar sayuran, produk susu rendah lemak, nasi, roti, pasta dan sebagian besar buah-buahan.

2.       Konten Vitamin C

Pola makan tinggi asupan vitamin C, rupanya telah di kait-kaitkan dengan penurunan kadar asam urat serta dipercaya dapat membantu mencegah sekaligus membantu mengobati penyakit asam urat.

Hal ini turut dijelaskan oleh salah satu hasil studi "Arthritis dan Rematik" yang diterbitkan pada tahun 2005, yang menyebutkan bahwa pria harus mengonsumsi vitamin C sekitar 90 mm perharinya. Sementara perempuan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C sekitar 75 mm perhari.

Tentu saja bukan tanpa alasan, namun penganjuran tersebut terkait dengan salah satu upaya untuk mencegah sekaligus membantu mengobati penyakit asam urat yang ada di dalam tubuh Anda.

3.       Pengaruh Fruktosa

Faktanya, apel adalah buah yang memiliki konsentrasi besar fruktosa gula alami. Salah satu hasil penelitian yang diterbitkan dalam "British Medical Journal" pada tahun 2008.

Menyebutkan bahwa asupan tinggi fruktosa dari buah-buahan termasuk buah apel di kait-kaitkan dengan penurunan resiko penyakit asam urat pada pria.

No comments:

Post a Comment

5 Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat

5 Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat -  Asam urat mungkin sebuah nama yang terdengar lucu untuk suatu penyakit. Namun siapapun yang pernah me...