Sunday, May 12, 2019

9 Manfaat Kesehatan dari Makan Pisang Selama Masa Kehamilan

9 Manfaat Kesehatan dari Makan Pisang Selama Masa Kehamilan -  Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang adalah buah segar yang paling sering di makan oleh seorang wanita hamil (95.4%), lalu di ikuti dengan jeruk (88.8%), apel (88.3%) dan di ikuti oleh buah-buahan lainnya (40.3%)

Dikemas dengan kandungan potasium, kalsium dan beberapa nutrisi penting lainnya, membuat buah pisang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh seorang ibu hamil.

Apakah benar bahwa pisang aman dimakan oleh seorang ibu hamil ?

Jawaban singkatnya adalah "iya". Pasalnya, pisang merupakan makanan sangat kaya akan nutrisi, sehingga sangat baik untuk membantu menunjang kesehatan seorang wanita pada masa kehamilan.

Selain itu, pisang juga merupakan salah satu sumber karbohidrat, vitamin B, C, serat, asam lemak essensial, serta mineral yang sangat penting untuk membantu mendukung sistem perkembangan tubuh bayi yang sehat.

9 Manfaat Kesehatan dari Makan Pisang Selama Masa Kehamilan
Pentingnya Kesehatan Wanita Hamil

 Inilah beberapa alasan penting, kenapa pisang perlu dimasukkan ke dalam daftar menu makanan harian Anda selama dalam masa kehamilan :

1.       Mencegah Cacat Lahir dan Mencegah Persalinan Prematur

Selama kehamilan, asam folat yang dimiliki oleh buah pisang akan membantu meningkatkan perkembangan otak serta sumsum tulang janin.

Sementara kekurangan nutrisi tersebut dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur hingga cacat bawaan.

2.       Menyembuhkan Anemia

Umumnya, seorang wanita hamil sangat rentan terkena anemia, seiring dengan perkembangan janin yang di kandungnya.

Nah, salah satu solusi aman untuk mengatasi kondisi tersebut selama masa kehamilan ialah dengan meningkatkan asupan zat besi dari buah pisang.

3.       Mengobati Morning Sickness

Mual di pagi hari adalah keluhan yang kerap dialami oleh wanita hamil. Disini, kandungan vitamin B6 buah pisang terbukti cukup efektif untuk membantu meminimalisir kondisi tersebut.

4.       Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C pada buah pisang yang juga merupakan antioksidan yang sangat baik. Berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membantu menangkal berbagai infeksi selama masa kehamilan.

5.       Menawarkan Energi Instan

Pisang adalah sumber energi super, yang dapat secara instan membantu meningkatkan energi Anda selama dalam masa kehamilan.

Kehadiran glukosa, fruktosa dan sukrosa adalah ketiga nutrisi yang memainkan peranan penting dalam hal ini.

6.       Mengatasi Rasa Lapar

Dipenuhi dengan karbohidrat yang baik, menjadi salah satu alasan kenapa makan buah pisang akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama.

7.       Membantu Sistem Pencernaan

Serat makanan pada buah pisang akan membantu meningkatkan fungsi sistem saluran pencernaan serta menghilangkan racun dari dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya sembelit.

8.       Menjaga Tekanan Darah

Sementara kandungan kalium pada buah pisang memiliki peranan untuk membantu mengandalikan fluktuasi pada tekanan darah.

Alhasil ? Pisang yang merupakan sumber kalium akan sangat membantu seorang wanita hami untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat dan stabil.

9.       Pengusir Stres Alami

Perasaan tegang dan gelisah memang menjadi masalah yang kerap dialami oleh seorang wanita hamil. Sementara mengonsumsi pisang akan membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada diri Anda.

Lantas adakah efek samping dari mengonsumsi pisang selama masa kehamilan ?

Faktanya, ada beberapa pengecualian yang harus Anda ketahui sekaligus patuhi perihal makan buah pisang selama masa kehamilan.
ü  Jangan mengonsumsi buah pisang jika Anda memiliki riwayat penyakit diabetes gestasional. *Karena pisang dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh.
ü  Beberapa orang kemungkinan akan mengalami alergi terhadap komponen lateks atau kitinase yang terdapat pada buah pisang.

Lalu pertimbangan apa saja yang harus dilakukan saat makan buah pisang selama masa kehamilan ?

ü  Pilih pisang organik
ü  Konsumsi pisang dalam keadaan segar dan bersih
ü  Tidak makan pisang yang terlalu matang atau terdistorsi.

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete