Thursday, May 9, 2019

Bahaya Makan Pisang saat Perut Kosong – Pahami Sedini Mungkin !


Bahaya Makan Pisang saat Perut Kosong – Pahami Sedini Mungkin ! - Dengan alasan rasa, nutrisi, harga dan cara budidayanya yang sangat mudah, pisang menjadi salah satu buah yang cukup populer dan memiliki banyak peminat di Indonesia.

Terlepas dari itu, khasiat yang ditawarkan oleh buah dengan tekstur yang sangat lembut ini juga menjadi salah satu alasan kenapa buah pisang memiliki nilai tersendiri di hati penggemarnya.

Today Show

 Bahkan sampai saat ini saja, banyak yang percaya bahwa buah pisang memiliki karbohidrat sehat dalam jumlah yang banyak. Maka tak heran, jika pisang kerap kali dijadikan sebagai pengganti nasi terutama untuk seseorang yang tengah melakukan program diet.

Selain karbohidrat, pisang juga dikenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga disebut-sebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

Disisi lain, kandungan kalori sehat dari buah pisang yang cukup tinggi juga dikenal sangat baik untuk membantu menyuplay energi guna menunjang berbagai jenis aktivitas sepanjang hari.

Namun sangat disayangkan, meskipun diperkaya dengan berbagai jenis manfaat, ternyata pisang juga memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan terutama jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong seperti pada saat berbuka puasa.

Dalam salah satu hasil studi telah disebutkan bahwa pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium dalam jumlah yang sangat tinggi. Sementara itu, kedua jenis mineral tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan hormon jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Saat hormon terganggu, maka tentu saja akan timbul banyak sekali masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di dalam tubuh.

Dampak buruk makan pisang dalam keadaan perut kosong, ternyata juga terkait dengan kandungan potasium dan  25% gula alami dari buah pisang itu sendiri.

Sebuah hasil penelitian lain juga menyebutkan bahwa mengonsumsi pisang saat perut kosong dapat mengganggu keseimbangan antara magnesium dan kalsium pada aliran darah.

Sedangkan kandungan gula di dalam buah pisang dapat berubah menjadi alkohol dan cairan asam di dalam yang berkumpul menjadi satu di dalam perut.

Akibatnya, makan pisang saat perut kosong dapat menghambat sistem saluran pencernaan serta meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular.

No comments:

Post a Comment