Wednesday, May 8, 2019

5 Manfaat Potensial Dibalik Lezatnya Kolang Kaling

5 Manfaat Potensial Dibalik Lezatnya Kolang KalingKekenyalan dan keunikan tekstur kolang kaling, sejatinya memang selalu mengingatkan kita akan bulan suci  Ramadhan.

Karena apa ? Karena pada umumnya, kolang kaling kerap dijadikan sebagai salah satu bahan campuran pada kolak, es atau sirup yang tersaji pada menu buka puasa.

Nah, selain dijadikan sebagai campuran dalam minuman, kolang kaling ternyata juga memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Potensial Dibalik Lezatnya Kolang Kaling
takjil sehat

Sehingga kolang kaling yang memiliki kandungan air sebanyak 93% serta dilengkapi dengan berbagai jenis vitamin dan mineral ini memang cocok disajikan dalam menu buka dan menu sahur sehat Anda kali ini.

Terlebih kandungan potassium, zat besi dan kalsium pada kolang kaling sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme serta membuat tubuh menjadi lebih segar saat menjalankan ibadah puasa.

Lalu apa lagi nih manfaat dari kolang kaling tersebut ?

1.       Mencegah Anemia

Seperti yang telah disebutkan, kolang kaling adalah makanan yang kaya akan zat besi. Sementara zat besi merupakan komponen terpenting dalam pembentukan hemoglobin.

2.       Mencegah Dehidrasi

Saat berpuasa, umumnya tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Sehingga memanfaatkan kolang kaling sebagai menu buka puasa adalah hal yang tepat guna membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

3.       Tinggi Serat

Meskipun tak banyak yang tahu, kolang kaling ternyata menyimpan serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Nah kandungan seratnya tersebut akan membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan.

4.       Cocok untuk Penderita Diabetes

Tak hanya bisa dikonsumsi oleh orang sehat, ternyata kolang kaling juga bisa menjadi menu buka dan sahur yang cocok untuk penderita diabetes.

Pasalnya kolang kaling memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan produksi insulin pada penderita diabetes. Insulin sendiri adalah sejenis hormon yang baik untuk menjaga kadar gula darah stabil.

5.       Alternatif Obat Radang Sendi

Tahukah Anda bahwa ternyata kolang kaling memiliki kandungan zat galactomanan ? Faktanya kandungan mineral tersebut memiliki manfaat untuk membantu meminimalisir hingga mengobati gangguan penyakit sendi.

**Itulah 5 manfaat kolang kaling untuk kesehatan Anda. Jadi jangan lupa menghadirkan si putih bertekstur kenyal ini dalam menu sahur dan menu buka Anda ya..

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.. ;)

No comments:

Post a Comment