Monday, May 6, 2019

4 Rekomendasi Menu Takjil Sehat untuk Penderita Sakit Maag

4 Rekomendasi Menu Takjil Sehat untuk Penderita Sakit MaagBagaimana puasa mu hari ini ? Semoga selalu diberi kelancaran dan semoga diberi ganjaran pahala yang berlipat ganda ya.. **Aamiin Allohumma Aamiiiin

Menjalankan puasa bagi penderita sakit maag tentu saja menjadi sebuah tantangan tersendiri. Pasalnya penderita sakit maag sebenarnya sangat pantang membiarkan lambung kosong dalam waktu yang terlalu lama.

Terlebih mereka juga memiliki begitu banyak sekali pantangan makanan yang harus dihindari, jika tak ingin kondisi sakit maag mereka kambuh di tengah-tengah perjalanan ibadah puasa.

Lantas bagaimana cara untuk mengatur menu makan saat berpuasa agar aman dari sakit maag ?

4 Rekomendasi Menu Takjil Sehat untuk Penderita Sakit Maag
wanita sholehah
Pada dasarnya, menu makan untuk penderita sakit maag cenderung sama dengan menu makanan pada hari-hari biasa.

Tentu penderita sakit maag sangat dilarang untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan pemicu naiknya asam lambung seperti makanan pedas, makanan yang terlalu dingin, makanan yang terlalu panas, serta berbagai jenis makanan tinggi akan lemak.

Nah, salah satu menu makanan yang sangat identik dan selalu terkait dengan ibadah puasa ialah takjil. Benar !  di Indonesia, takjil dianggap sebagai menu pembuka saat adzan magrib sudah berkumandang.

Meski dikenal sebagai menu pembuka, ternyata takjil sebenarnya merupakan sebuah kosa-kata bahasa arab yang memiliki arti "menyegerakan", jadi lebih kepada "menyegerakan untuk berbuka puasa".

Sesuatu yang segera memang identik dengan yang instan dan serba cepat. Jadi, berbagai aneka makanan ringan yang diolah sebagai menu berbuka seperti kolak dan kurma di salah artikan atau disebut dengan takjil.

Well terlepas dari fakta tersebut, beberapa menu makanan berbuka puasa yang sangat dianjurkan untuk penderita sakit maag :

1.       Kentang Rebus

Kentang adalah salah satu makanan tinggi karbohidrat yang cocok nih untuk Anda penderita sakit maag yang tengah menjalankan puasa. Selain itu, kentang juga dikenal sebagai makanan tinggi alkalin.

Nah disini, alkalin memiliki peranan untuk membantu menetralkan cairan asam lambung di dalam tubuh guna mencegah kambuhnya sakit maag.

2.       Sayur Bayam Bening

Awas ! Meskipun sayuran identik dengan kesehatan, namun penderita sakit maag justru memiliki pantangan untuk tidak mengonsumsi beberapa jenis sayuran tertentu termasuk kol, lobak, bawang, nangka, sawi dan berbagai jenis sayuran mentah.

Karena apa ? Karena beberapa jenis sayuran tersebut mengandung gas dan dapat memicu kenaikan jumlah asam lambung di dalam tubuh.

Namun jangan khawatir, karena bayam hadir untuk mengisi perut Anda yang tengah diserang oleh sakit maag. Pasalnya bayam adalah sayuran yang ramah dengan sistem pencernaan dan tidak mengandung gas.

3.       Kurma

Selain di sunnah kan untuk dimakan pada saat berbuka puasa, ternyata kurma juga memiliki manfaat yang potensial untuk membantu mencegah sakit maag kambuh.

Nah, dibalik kandungan serat nya saja, kurma dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh dengan sangat baik. Dan mengonsumsi buah kurma pada saat berbuka juga akan membantu mengendalikan jumlah asam lambung di dalam tubuh.

4.       Nasi Tim

Tak hanya untuk bayi saja ya, namun tekstur nasi tim yang lunak dan sangat lembut hadir sebagai menu makanan berbuka puasa yang ramah untuk penderita sakit maag.

Dalam hal ini, tekstur nasi tim menjadi alasan yang cukup kuat untuk meringankan kinerja lambung dan sistem pencernaan.

Well, itulah beberapa menu Andalan yang bisa Anda konsumsi pada saat berbuka puasa yang sehat untuk penderita sakit maag.

Ingin segera sembuh dari sakit maag ? Tanpa ribet ? Tanpa efek samping ? dan Tanpa kambuh lagi ? Intip caranya dengan KLIK DISINI

Posted by : healthstylenewtoday

No comments:

Post a Comment