Friday, May 17, 2019

5 Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat

5 Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat Asam urat mungkin sebuah nama yang terdengar lucu untuk suatu penyakit. Namun siapapun yang pernah mengalami nyeri asam urat pasti tahu betul bahwa jenis radang sendi yang satu ini bukan masalah yang lucu dan sepele.

Diakibatkan oleh adanya kelebihan kadar asam urat di dalam darah yang mengkristal dan mengendap di dalam persendian, asam urat kini tak hanya sekedar pembengkakan atau rasa sakit.

Namun gejala penyakit asam urat yang menyengat tersebut bisa terjadi secara berulang, lagi dan lagi hingga melemahkan kondisi penderitanya.

Disisi lain, ada beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat di dalam hidup Anda. Lantas apa saja faktor resiko tersebut ?

5 Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat

5 Faktor Pemicu Penyakit Asam Urat
JointFlex

1.       Usia

Sebut saja usia adalah faktor mendasar kenapa seseorang lebih beresiko terkena penyakit asam urat.

Benar, penyakit asam urat yang menyerang usia 20-30 menjadi lebih umum terjadi pada mereka yang telah menginjak usia 45 tahun ke atas, yang menghasilkan serangan asam urat yang sangat menyakitkan.

Hal ini terkait dengan adanya penurunan fungsi ginjal seiring dengan bertambahnya usia. Padahal, ginjal memiliki peranan yang sangat penting untuk mengeluarkan kadar asam urat berlebih dari dalam darah.

2.       Jenis Kelamin

Selanjutnya, jenis kelamin juga turut mengambil peranan dalam faktor resiko penyakit asam urat. Karena meskipun pria dan wanita memang bisa memiliki penyakit asam urat

Namun sejatinya pria jauh lebih beresiko dibandingkan dengan wanita, hal ini tentu saja terkait dengan hormon estrogen yang melindungi wanita dari serangan asam urat selama bertahun-tahun sebelum ia mengalami menopause.

Pasalnya, setelah wanita melewati masa menopause maka ia juga juga akan memiliki resiko yang tinggi untuk memiliki penyakit asam urat.

3.       Kondisi Medis

Faktanya, sejumlah kondisi medis tertentu dapat menyebabkan seseorang beresiko tinggi terserang penyakit asam urat.

Seorang profesor kedokteran di divisi imunologi klinis di University of Florida di Gainesville bernama N. Lawrence Edwards, MD mengatakan bahwa seorang obesitas 4x lebih mungkin mengalami asam urat dibanding dengan berat badan normal.

Selain itu, penyakit diabetes juga berperan dalam pengembangan penyakit asam urat karena dapat menurunkan fungsi ginjal.

4.       Pecandu Alkohol

Sebuah hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa bir dan minuman beralkohol lainnya dapat meningkatkan pengembangan penyakit asam urat jika dikonsumsi secara berlebih.

5.       Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat jenis tertentu, kemungkinan besar dapat mengakibatkan serangan asam urat. Contohnya termasuk obat diuretik tertentu, aspirin, dan cyclosporine obat anti-penolakan transplantasi.


Mau segera sembuh dari penyakit asam urat ? Tanpa ribet ? Tanpa efek samping ? dan Tanpa kambuh lagi ? KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment