Tuesday, May 14, 2019

Benarkah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan ? Simak Faktanya Disini !

Benarkah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan ? Simak Faktanya Disini ! - Pada dasarnya, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat teramat dinantikan oleh seluruh umat Islam di berbagai belahan penjuru dunia.

Pasalnya, ada banyak sekali faedah yang bisa di dapat selama bulan Ramadhan tiba. Salah satunya ialah untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin dari berbagai ibadah yang wajib maupun sunah, termasuk puasa salah satunya.

Ya, puasa adalah salah satu ibadah wajib di bulan Ramadhan yang mengharuskan seseorang untuk tidak makan dan minum dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Benarkah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan ? Simak Faktanya Disini !

Lantas, apa saja manfaat puasa tersebut ?

Faktanya, puasa adalah salah satu kesempatan emas untuk Anda yang tengah berusaha keras untuk memiliki tubuh ideal dan sehat.

Berbagai studi sendiri telah menyebutkan bahwa puasa dapat membantu mengendalikan tekanan darah, kadar kolesterol dan sensitivitas insulin di dalam tubuh.

Selain itu, puasa juga dapat membantu meningkatkan sistem detoksifikasi tubuh dari racun yang kita kumpulkan selama tidak menjalankan puasa, baik itu dari makanan ataupun minuman yang kita konsumsi diluar bulan Ramadhan.

Bahkan, untuk Anda yang cenderung sulit untuk bahagia, berpuasa adalah solusinya. Karena apa ? Karena ternyata, selama berpuasa tubuh akan meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat Anda merasa jauh lebih baik dan bahagia tentunya.

berpuasa juga menjadi jalan terbaik untuk Anda yang cenderung mudah terserang penyakit. karena disini, puasa memiliki peranan untuk membantu meregenerasi sel imun dan meningkatkan fungsinya.

Lalu, benarkah puasa dapat menurunkan berat badan ?

Sejatinya, tubuh tidak bisa mendapatkan energi dari makanan selama Anda berpuasa. Sementara cadangan energi akan disimpan dalam bentuk glukosa di dalam otot dan organ hati.

Ketika tubuh akan menggunakan glukosa, maka secara otomatis tubuh juga akan mulai membakar lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi sementara.

Hal ini menjadi salah satu alasan yang sangat masuk akal kenapa puasa dapat membantu menurunkan berat badan Anda secara lebih mudah.

Selain itu, penggunaan lemak sebagai sumber energi juga akan berbuah baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sehingga selain berat badan turun tubuh Anda juga akan terasa jauh lebih sehat saat menjalankan ibadah puasa.

Nah jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang optimal, maka sebaiknya Anda juga mengikuti tips berikut ini :
  • Perhatikan asupan makanan ketika buka dan sahur
  • Tidak pergi tidur selepas sahur
  • Minum air yang cukup di malam hari
  • Tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Noted : "Meskipun puasa memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Namun sebaiknya Anda jangan sampai salah niat ya.. ;)"

No comments:

Post a Comment