Monday, August 26, 2019

Waspada ! Inilah 4 Kerusakan Fatal yang Diakibatkan Oleh Reumatoid Artritis


Waspada ! Inilah 4 Kerusakan Fatal yang Diakibatkan Oleh Reumatoid Artritis - Reumatoid artritis adalah penyakit autoimun kronis. Ini adalah jenis radang sendi yang mempengaruhi sendi.

Penyakit ini juga memiliki efek sistemik, yang memengaruhi organ tubuh lainnya. Gejala reumatoid artritis ialah termasuk nyeri sendi, kekakuan sendi, radang sendi dan bentuk kelainan sendi lainnya.

Waspada ! Inilah 4 Kerusakan Fatal yang Diakibatkan Oleh Reumatoid Artritis

Waspada ! Inilah 4 Kerusakan Fatal yang Diakibatkan Oleh Reumatoid Artritis

Sementara itu, gejala umum terkait reumatoid artritis lain ialah demam, malaise, kelelahan yang parah dan kekakuan di pagi hari yang bisa berlangsung selama lebih dari satu jam.

Tahukah Anda ?

Reumatoid artritis umumnya menyerang sendi dengan pola simetris. Itu artinya jika salah satu sendi lutut terserang reumatoid artritis, maka sendi lutut yang lainnya juga akan ikut terkena.

Nah, diantara banyaknya sendi di dalam tubuh. Reumatoid artritis biasanya cenderung menyerang beberapa area sendi tartentu. Lantas area sendiri mana saja yang beresiko terkena reumatoid artritis ?

1.      Sendi lutut

Saat reumatoid artritis menyerang persendian, maka akan terjadi peradangan pada lapisan sinovial yang memicu pembengkakan, sensasi hangat, kemerahan, nyeri dan kekakuan sendi.

Kerusakan sendi lutut ini pada akhirnya akan menyebabkan rentan gerak menjadi terbatas dan fungsi sendi menjadi semakin menurun.

2.      Sendi pinggul

Ketika sendi yang bertugas untuk menahan beban terpengaruh termasuk sendi pinggul, sendi lutut dan sendi kaki, maka mobilitas jelas akan sangat terpengaruh.

Saat area sendi tersebut terpengaruh, maka tulang rawan akan rusak dan interaksi tulang ke tulang akan pada akhirnya akan sangat menyakitkan.

3.      Tangan

Faktanya, reumatoid artritis paling sering dimulai pada persendian yang lebih kecil termasuk jari, tangan dan pergelangan tangan.

Ketika kondisi tersebut dibiarkan, maka reumatoid artritis akan menyebabkan kelainan bentuk tangan hingga kerusakan jari dan ibu jari.

4.      Penyakit sistemik

Terlepas dari semua itu, ternyata reumatoid artritis tidak hanya mempengaruhi sendi saja. Namun ketika kondisi ini dibiarkan, maka mereka juga dapat mempengaruhi kulit, jantung, paru-paru, saraf dan ginjal.

1 comment: