Monday, April 29, 2019

Mau Tubuh Sehat saat Puasa ? Yuk Hadirkan 7 Menu Ini pada Saat Sahur

Saat berpuasa, maka kebanyakan orang memilih menu makanan manis. Meskipun baik dan dianjurkan. Namun ternyata terlalu banyak makan yang manis memiliki dampak yang buruk terhadap keseimbangan nutrisi didalam tubuh termasuk salah satunya ialah kalsium.

Menu Makan Sahur
Padahal, seperti yang telah kita ketahui bahwa kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk membantu memelihara kesehatan tulang. Sedangkan dibalik makanan manis, resiko gula darah tinggi sudah menunggu dengan siaga.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis juga dapat menyebabkan jumlah mineral dan vitamin di dalam tubuh menjadi berkurang termasuk kalsium dan vitamin D. Alhasil berbagai jenis masalah kesehatan yang bersangkutan dengan kekurangan kalsium juga dapat terjadi.

Namun jangan khawatir ya, karena hal tersebut dapat diatasi dengan pengolahan makanan tinggi kalsium pada saat sahur.

1.       Yogurt

Makanan yang satu ini, andalan banget deh jika telat bangun sahur dan hanya memiliki sedikit waktu untuk sahur. Anda bisa mengonsumsi secangkir yogurt rendah lemak dan tinggi kalsium atau menyantapnya bersamaan dengan potongan buah segar.

2.       Ikan Sarden

Ikan sarden juga termasuk salah satu ikan yang mengandung tinggi kalsium, vitamin D dan fosfor yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3.       Ikan Teri

Jangan salah, meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil namun ikan teri memiliki 3 komponen penting untuk membantu memiliki tulang yang sehat dan kuat yaitu kalsium, magnesium dan fosfor.

Selain mendukung kesehatan tulang, kandungan asam lemak omega 3 pada ikan teri juga baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

4.       Bayam

Bayam adalah salah satu menu sayur yang bisa dijadikan menu andalan ketika sahur. Pasalnya tak hanya kalsium saja, namun bayam juga dilengkapi dengan beberapa jenis nutrisi lainnya termasuk vitamin A, C, K, kalium, zat besi, folat dan magnesium.

Nah untuk lebih memudahkan penyerapan kalsium dari daun bayam, sebaiknya Anda mengonsumsi bayam disertai dengan buah yang tinggi vitamin C seperti jeruk.

5.       Brokoli

Tak hanya untuk bulan Ramadan, brokoli juga merupakan makanan yang sangat populer dengan kandungan gizinya yang sangat tinggi termasuk kalsium, zinc, zat besi, selenium, omega 3, selenium dan magnesium.

Jadi selain menyehatkan tulang, kandungan yang ada pada brokoli ini juga akan membantu memelihara kesehatan jantung, mendukung fungsi saraf serta membuat otot tetap rileks.

6.       Tempe

Dengan harga yang bersahabat, makanan yang terbuat dari hasil fermentasi kacang kedelai ini dilengkapi niasin, magnesium, riboflavin, zat besi, protein, kalori, fosfor, natrium, kalori dan mangan yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

7.       Tahu

Tak hanya tempe saja, namun tahu yang juga terbuat dari kacang kedelai dilengkapi dengan kandungan vitamin B1, fosfor, magnesium, zinc, fosfor, kalsium, mangan, selenium, asam amino essensial dan zat besi.

No comments:

Post a Comment