Friday, April 26, 2019

8 Jenis Makanan Penurun Gula Darah di Rumah

8 Jenis Makanan Penurun Gula Darah di Rumah - Ketika seseorang memiliki gula darah tinggi, maka bisa dipastikan bahwa tubuh mereka tidak dapat memproduksi insulin dengan cukup atau justru tidak dapat menggunakan insulin dengan benar, alhasil gula menumpuk di dalam darah.

Sementara itu, kadar glukosa tinggi dapat menyebabkan berbagai jenis gejala dari mulai kelelahan hingga penyakit jantung.

Daily Express

Nah, salah satu cara untuk mengontrol gula darah sehat ialah dengan mengonsumsi makanan sehat. Dan pada umumnya, makanan atau minuman yang diserap tubuh dengan lambat adalah yang terbaik. Karena tidak akan menyebabkan lonjakan atau penurunan kadar gula darah secara drastis.

Diluar dari pada itu, indeks glikemik (GI) memiliki peranan untuk menentukan efek makanan tertentu pada kadar gula darah seseorang. Sehingga, seseorang yang ingin memiliki kadar gula darah sehat, harus memilih makanan dengan skor GI yang rendah atau sedang.

Adapun dibawah ini beberapa jenis makanan terbaik untuk membantu mempertahankan kadar gula darah sehat pada seseorang :

1.       Roti Gandum

Roti gandum adalah salah satu jenis makanan yang memiliki skor GI rendah dan karbohidrat dalam jumlah yang lebih sedikit jika dibandingkan beberapa jenis roti lainnya.

2.       Buah-Buahan

Faktanya, sebagian besar buah-buahan boleh dimakan oleh pemilik gula darah tinggi karena memiliki skor GI yang rendah kecuali buah melon dan nanas.

Karena meskipun buah-buahan memiliki rasa yang manis namun mereka juga memiliki kandungan air dan serat yang akan membantu menyeimbangkan gula alami mereka atau yang dikenal dengan fruktosa.

Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati karena saat buah matang, skor GI mereka akan meningkat drastis.

3.       Ubi Jalar

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa daging ubi jalar memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kulitnya.

Sehingga hasil sebuah penelitian pada hewan dilaporkan bahwa ubi jalar dapat membantu meminimalisir gejala diabetes.

4.       Oatmeal

Oatmeal adalah sejenis makanan yang mengandung B-glukan yang berfungsi untuk membantu mempertahankan kontrol glikemik, meningkatkan sensitifitas insulin serta mengurangi lemak darah.

Sehingga cocok sekali digunakan untuk membantu menstabilkan gula darah di dalam tubuh.

5.       Kacang

Kacang adalah pilihan menu makanan yang sangat tepat untuk Anda yang memiliki gula darah tinggi. Pasalnya, kacang adalah makanan yang dilengkapi dengan serat tinggi dan skor GI 55 kurang dari 55.

Tinjauan sistemik pada tahun 2014 juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi kacang akan sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

6.       Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu rempah populer dalam dunia pengobatan tradisional untuk membantu mengobati berbagai jenis kondisi tertentu.

Nah, salah satu kandungan senyawa dalam bawang putih juga dipercaya mampu meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin di dalam tubuh.

7.       Ikan Berlemak

Ikan berlemak sejatinya adalah salah satu dari beberapa jenis makanan yang tidak mengandung karbohidrat. Sehingga sangat baik diberikan kepada seorang pemilik gula darah tinggi.

8.       Yogurt

Sebuah penulisan meta-analisis menyimpulkan bahwa yogurt adalah satu-satunya produk susu yang memiliki manfaat untuk meminimalisir resiko pengembangan penyakit diabetes akibat gula darah tinggi.

Itulah beberapa jenis makanan penurun gula darah secara alami dan praktis di rumah.

No comments:

Post a Comment