Thursday, May 16, 2019

5 Jenis Minuman Penyebab Asam Urat

5 Jenis Minuman Penyebab Asam UratJika biasanya Gout atau yang lebih akrab disapa dengan penyakit asam urat, dikaitkan dengan makanan berprotein tinggi. Namun kali ini penyakit asam urat akan di kait-kaitkan dengan beberapa jenis minuman tertentu.

Pada dasarnya, rasa sakit yang timbul pada penderita asam urat diakibatkan oleh terbentuknya kristal di dalam persendian.

Jika Anda pernah memiliki riwayat penyakit asam urat, tentu Anda akan sangat paham bahwa kondisi tersebut merupakan salah satu jenis radang sendi yang paling menyakitkan.

5 Jenis Minuman Penyebab Asam Urat
Uriciplex Uriciplex Uriciplex

Dan tentu saja, Anda juga tahu bahwa resiko penyakit asam urat akan naik ketika Anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Nah, purin yang menjadi salah satu penyebab mendasar terbentuknya pengkristalan asam urat ini, ditemukan dalam berbagai jenis makanan yang berprotein tinggi serta beberapa jenis minuman tertentu.

Menurut Jennifer Sloane, MD, yang merupakan seorang rheumatologist di Temple University Hospital di Philadelphia "Pasien yang beresiko terkena penyakit asam urat harus menghindari minuman kaya akan purin.

Karena pada akhirnya, purin akan diubah oleh tubuh menjadi senyawa asam urat. Jadi, bisa dikatakan bahwa diet tinggi purin akan menyebabkan kadar asam urat meningkat serta dapat memicu penyakit asam urat pada pasien beresiko."

Dan inilah daftar minuman terburuk untuk penderita penyakit asam urat :

1.       Minuman Ringan

Beberapa penelitian telah menemukan fakta bahwa peningkatan resiko asam urat terjadi pada seseorang yang mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula secara berlebihan.

2.       Jus Jeruk

Ternyata, tak hanya jus yang dimaniskan dengan gula yang dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat. Namun jus yang dimaniskan secara alami seperti jus jeruk juga dapat menjadi pemicu resiko asam urat.

Hal ini terkait dengan kandungan fruktosa atau gula alami yang ditemukan pada jus jeruk. Jika ia terlalu banyak dikonsumsi, maka dampak buruknya bisa sama dengan minuman jus kemasan.

3.       Minuman Berkafein

Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa kafein dapat membantu melindungi Anda dari penyakit asam urat. Pasalnya, kafein memiliki struktur kimia yang menyerupai obat gout yang sangat umum.

Namun sangat disayangkan, karena kondisi tersebut tak berlaku untuk pengonsumsian kafein dalam jumlah yang terlalu banyak.

Karena hasil sebuah penelitian lain juga menunjukan bahwa meningkatkan asupan kafein sama dengan memicu serangan asam urat.

4.       Minuman Berenergi

Minuman berkafein, sejatinya bukan satu-satunya minuman yang harus diwaspadai.

Namun sama halnya dengan mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tinggi, mengonsumsi minuman berenergi dalam jumlah yang tinggi juga dapat menjadi salah satu pemicu serangan penyakit asam urat terjadi.

5.       Alkohol

Alkohol adalah minuman terburuk yang harus dijauhi oleh penderita penyakit asam urat. Pasalnya, ginjal akan memiliki mengeluarkan alkohol dibanding mengeluarkan kadar asam urat melalui urine.

Alhasil ? Senyawa asam urat semakin menumpuk. Bahkan Anda yang tidak memiliki penyakit asam urat juga memiliki resiko yang lebih tinggi jika kerap mengonsumsi alkohol.


Mau sembuh tanpa kambuh dari penyakit asam urat ?? Temukan caranya dengan KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment